Adbox
ads

Ads

ads

Sponsor

LightBlog

Kamis, 05 Desember 2019

Usaha Rumahan : Bisnis yang Lagi Tren di Era Digital, Ini Beberapa Keuntungannya




Perkembangan zaman yang diikuti dengan kemajuan teknologi digital yang cukup canggih pada kondisi saat ini telah membuka banyak peluang usaha. Bukan hanya menyangkut jenisnya saja, namun juga model atau cara bisnis sekarang ini yang dirasa telah banyak mengalami pergeseran jika dibanding zaman sebelumnya. Satu hal pokok yang menjadi ciri bisnis saat ini adalah praktis, mudah dan cepat.

Untuk menjalankan bisnis di zaman sekarang tidak harus berada di ruko atau kantor yang besar, yang tentu saja akan cukup mahal. Kini, untuk menjadi seorang pengusaha juga bisa mengembangkan bisnis dengan cara membuka usaha di rumah. Banyak jenis usaha rumahan yang menjanjikan dari segi keuntungan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Bagi ibu rumah tangga pada khususnya, ini tentu menjadi kesempatan yang bagus untuk mengembangkan diri dan memperoleh pendapatan tambahan sambil tetap mengurus keluarga.

Memulai bisnis dengan usaha rumahan tidak bisa dianggap sepele, karena tidak menutup kemungkinan bisnis ini bisa terus berkembang dan mendapatkan omzet yang besar. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Adanya teknologi digital yang makin canggih seperti internet telah membuktikan bahwa bisnis ini terus berkembang, ditandai dengan makin banyaknya orang yang menjalankannya secara online. Tidak heran jika bisnis rumahan secara online kini lagi tren, karena banyak yang menilai sebagai usaha yang menguntungkan pada kondisi sekarang.

Banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang bisnis satu ini, seperti Instagram, Line, Whatsapp, Facebook, Blog, Youtube, Twitter atau media sosial lainnya. Tak diragukan lagi pengguna media sosial tersebut sangatlah besar, sehingga menjadi potensi yang bisa dimanfaatkan.

Lebih dari itu, masih banyak alasan lain sehingga orang makin tertarik menjalankan bisnis rumahan secara online, baik sebagai usaha pokok maupun sekedar usaha sampingan. Berikut beberapa diantaranya, yaitu :

1. Biaya yang murah

Menjalankan usaha berbasis rumah menjadi cara yang bagus untuk meminimalisasi biaya. Keperluan biaya seperti untuk sewa tempat, transportasi, keamanan dan sebagainya tentu tidak diperlukan lagi.

2. Menghemat waktu

Menjalankan usaha di rumah maka Anda bisa langsung memulai proses bisnis bahkan langsung setelah bangun tidur. Jam kerja Anda pun tidak dibatasi dan fleksibel, Anda bisa memilih sendiri ingin bekerja lebih cepat atau lama, bisa sambil mengurus kegiatan rumah tangga lainnya.

3. Menghemat tenaga

Usaha rumahan bisa menghemat tenaga karena tidak ada mobilitas yang terlalu tinggi. Tenaga yang tidak terlalu banyak terkuras untuk bisnis membuat Anda bisa mengerjakan pekerjaan lain kala waktu senggang.

4. Lebih longgar waktu untuk keluarga

Bisnis di rumah otomatis Anda akan lebih banyak berada di rumah, sehingga membuat Anda bisa sekaligus mengawasi keluarga. Khususnya jika Anda seorang Ibu rumah tangga, maka banyak sekali waktu yang bisa dimanfaatkan untuk keluarga, misalnya menyiapkan sarapan, melayani jika ada anggota keluarga yang sakit dan sebagainya.

5. Melatih jiwa entrepreneurship

Menjalankan usaha rumahan sendiri, tentu akan melatih skill atau kemampuan yang kita miliki. Jika bisnis yang dijalankan sukses, tidak menutup kemungkinan kelak Anda bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses, bahkan bisa diundang sebagai pembicara pada berbagai acara seminar atau sejenisnya.

6. Melatih kemandirian

Anda harus percaya akan menjadi pribadi yang lebih mandiri ketika membuka usaha sendiri. Anda tidak lagi bergantung pada orang lain. Sukses atau tidaknya bisnis, sepenuhnya berada di tangan Anda. Tantangan inilah yang akan mendorong Anda untuk selalu memiliki ide-ide kreatif dan senantiasa melakukan inovasi.

7. Prosedur hukum lebih sederhana

Selain modal yang lebih murah, usaha rumahan mempunyai prosedur hukum yang lebih sederhana. Perusahaan kecil perorangan yang dijalankan sendiri oleh pemiliknya tidak memerlukan izin dan bukan merupakan suatu badan hukum. Kondisi ini tentu akan meringankan dari segi kewajiban pajak yang harus dibayar.

Nah, itulah betapa mudah dan bagusnya prospek usaha rumahan di era digital sekarang ini. Bagaimana, apakah Anda tertarik? Jangan ragu segera manfaatkan rumah Anda dan salurkan hobi Anda dengan membuka usaha. Siapa tahu ini saatnya menjadi titik awal kesuksesan Anda. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LightBlog
Adbox