Adbox
ads

Ads

ads

Sponsor

LightBlog

Selasa, 29 Oktober 2019

Bisnis Dropship, Usaha Sampingan yang Menggiurkan


Kemajuan teknologi komunikasi, khususnya internet, tidak bisa disangkal lagi telah melahirkan berbagai bentuk ekonomi kreatif di tengah masyarakat. Kenyataan ini agaknya membuat Pemerintah tidak bisa menutup mata. Menyadari pentingnya masalah tersebut, kini Pemerintah telah membentuk Kementrian yang khusus membidangi masalah ekonomi kreatif. Tentunya ini bisa menjadi angin segar bagi para pelaku bisnis kreatif untuk lebih berkembang. 


Di zaman internetpreneur (internet entrepreneur) seperti sekarang ini, terbuka kesempatan yang lebar bagi setiap orang untuk menjalankan bisnis secara online sebagai salah satu bentuk bisnis kreatif. Apalagi bagi kaum muda yang identik dengan media sosial, maka tidak sulit untuk memulai menjalankan bisnis ini, bisa memanfaatkan entah itu Instagram, Line, Facebook, Blog, atau sosial media lainnya.

Kalau bicara tentang online shop, kini salah satu usaha kreatif yakni bisnis dropship sedang menjadi primadona banyak orang. Bagi masyarakat umum mungkin masih asing dengan jenis bisnis satu ini. Namun tidak demikian bagi Anda yang sudah biasa berbelanja secara online, bisnis dropship tentu sudah cukup familiar.

Kini telah banyak platform dropship Indonesia yang sudah dikenal masyarakat. Salah satunya adalah Evermos, Anda bisa bergabung bersamanya untuk membangun usaha dengan berbagai kemudahan dan kelebihannya. Bisnis dropship menjanjikan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah, Oleh karenanya bisnis ini bisa Anda jadikan peluang usaha sampingan yang cukup menggiurkan.

Apa itu bisnis dropship?

Secara sederhana, dropship dapat diartikan sebagai bisnis ritel, namun Anda sebagai pelaku dibebaskan dari kewajiban memiliki stok produk. Untuk menjamin ketersediaan barang, Anda bekerja sama dengan pemasok. Jadi, pemasok bertugas bukan hanya untuk memasok barang kepada Anda untuk dijual, tetapi juga menjaga ketersediaan barang.

Bagaimana cara kerja bisnis dropship?

Anda tak perlu khawatir, bisnis ini terbilang cukup sederhana. Jika Anda sebagai pelaku bisnis dropship menerima pesanan dari pembeli, maka tugas Anda cukup meneruskan informasi pemesanan sekaligus pengiriman barang kepada pemasok produk. Tugas pemasok yang akan mengirim barang langsung kepada pembeli, tanpa melalui Anda. Jadi, Anda cukup nyaman dan tak perlu repot menyiapkan gudang dan sebagainya. Seluruh proses pengiriman dan pengembalian jika ada complain akan ditangani langsung oleh pemasok barang. 

Apa keuntungan bisnis dropship?

Seperti telah disebut di atas, bisnis ini tidak rumit dan tidak membuat Anda repot, maka cocok sebagai usaha sampingan khususnya bagi Anda yang sekarang ini masih aktif baik punya usaha sendiri maupun sebagai karyawan kantor. Mau tau keuntungan lainnya, berikut diantaranya :

1. Tidak perlu modal besar bahkan bisa gratis

Anda bisa menjalankan bisnis dropship dengan modal minim, bahkan bisa tanpa modal alias gratis jika Anda bisa memanfaatkan teknik marketing gratisan. Karena tidak membutuhkan stok barang di toko Anda, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk belanja bahan, gaji karyawan produksi, bahkan Anda jadi tidak perlu keluar uang untuk gudang ataupun tempat produksi.

2. Tidak direpotkan dengan urusan stok barang

Masalah stok barang dalam bisnis biasa membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, belum lagi rumitnya. Lain dengan dropship, masalah stok barang menjadi urusan supplier. Anda bisa memfokuskan pikiran dan tenaga Anda urusan lain misalnya pengembangan pemasaran.

Yang perlu Anda perhatikan perihal stok barang, carilah supplier yang kompeten, berpengalaman dalam supply barang untuk reseller dan dropship. Hindari supplier yang sifat produknya pre order, karena akan membuat lama proses delivery barang.

3. Praktis dijalankan

Bisnis dropship menuntut Anda lebih fokus untuk urusan pemasaran, urusan lainnya bisa dibilang minim. Oleh karenanya bisnis ini terbilang cukup praktis. Anda cukup copy paste produk beserta keterangannya dari toko online Anda, kemudian promosikan. Tak menunggu waktu lama, customer akan datang dengan sendirinya.

4. Mempunyai risiko kecil

Bisnis dropship tentu mempunyai resiko yang kecil, karena tidak perlu produksi barang sendiri. Misalnya, ketika bisnis Anda tidak jalan, Anda tidak perlu pusing menghabiskan sisa stok barang dan juga gaji karyawan yang terlanjur produksi.

5. Bisa dijalankan tanpa mengenal waktu dan tempat

Fokus Anda dalam bisnis dropship adalah memasarkan produk orang lain, sehingga Anda akan memiliki waktu dan tempat yang sangat fleksibel untuk bekerja. Anda bisa mengerjakan dari rumah Anda sendiri, atau Anda kerjakan sebagai pekerjaan sambilan, misalnya sambil nongkrong di kafe, sambil menunggu anak pulang dari sekolah, sambil antre di apotek, di bank dan sebagainya.

Nah, itulah sekilas tentang bisnis dropship yang kini sedang tren di masyarakat. Bagaimana dengan Anda, tertarik? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba sebagai pekerjaan sampingan di luar tugas pokok Anda sekarang. Siapa tahu lebih sukses!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LightBlog
Adbox