Adbox
ads

Ads

ads

Sponsor

LightBlog

Jumat, 20 September 2019

Menjadikan Pengalaman sebagai Panduan Hidup



Satu pepatah klasik yang sangat popular di masyarakat kita berbunyi, “Pengalaman adalah guru yang terbaik”. Ya, bagi yang mau memahami, sejatinya pengalaman akan memberikan banyak pelajaran kepada kita.

Pada setiap kejadian atau peristiwa yang baik maupun buruk, yang terjadi pada diri kita sendiri ataupun pada orang lain, pasti terkandung pelajaran berharga yang bisa kita ambil di dalamnya. Pengalaman dapat menjadi petunjuk bagi kita dalam menghadapi masa depan, karena pengalaman telah memberi dasar-dasar yang cukup bagi kita untuk berbuat.

Kita dapat belajar untuk menjadi lebih baik lagi apabila pengalaman tersebut adalah pengalaman yang baik. Kita juga dapat belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dari pengalaman buruk yang telah kita alami. Pengalaman juga dapat memberi kita kepercayaan diri dalam menghadapi suatu masalah, karena kita sudah mengerti tentang masalah tersebut berdasarkan pengalaman kita.

Jadi, pengalaman yang baik maupun yang buruk sekalipun, sama nilainya bagi kita untuk bahan intropeksi diri dalam bertindak di kemudian hari. Pengalaman buruk justru bisa lebih menghadirkan sikap hati-hati dan waspada, sehingga akan memacu seseorang agar tidak mengalami nasib yang sama seperti sebelumnya. Sebaliknya pengalaman yang baik kalau kurang bisa memaknai, bisa juga membuat seseorang terlena, sehingga membuat masa depannya bukannya tambah baik tetapi justru malah makin buruk. 


Arti Pentingnya Pengalaman

Banyak orang menganggap pengalaman itu penting, kurangnya pengalaman diri bisa menjadi penghalang yang sangat besar dalam menempuh hidup sukses di masa depan. Contoh yang mudah saja, saat Anda melamar suatu pekerjaan pasti yang pertama ditanyakan soal pengalaman.

Tak bisa dipungkiri, pengalaman memang penting, tetapi sebetulnya belajar dari pengalaman itu yang jauh lebih penting. Pengalaman baru berharga bagi seseorang jika mereka bisa mengambil pelajaran dari pengalaman tersebut, namun jika ia tidak bisa belajar dari pengalaman, maka seberapa panjang pengalaman tidak ada gunanya. 


Perbanyak Pengalaman untuk Meraih Masa Depan

Berbagai pengalaman menyangkut berbagai sendi kehidupan, baik yang terjadi pada diri sendiri maupun orang lain sangat bermanfaat untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Pengalaman diri akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Namun, apabila kita diam saja dan tidak mau berusaha, pengalaman diri akan sangat lama bertambahnya. Maka kita harus selalu berusaha memperbanyak pengalaman kita dengan aktif dalam berbagai bidang. Karena pengalaman tidak serta merta menghampiri kita yang diam dan tidak berusaha.

Inti dalam menambah pengalaman adalah selalu mencoba hal baru dan jangan pernah takut gagal ataupun salah. Karena kesalahan dalam melakukan suatu hal merupakan pengalaman yang sangat baik dan memberi kita pelajaran yang sangat penting untuk menghadapi masalah ke depan. Oleh karena itu jangan takut untuk mencoba karena ini adalah kunci dari pengalaman itu sendiri.

Di zaman dengan kemajuan teknologi informasi yang canggih ini, berbagai pengalaman pribadi orang lain pun dengan mudah bisa kita dapatkan. Pengalaman orang lain tersebut bisa berupa testimoni, dalam bentuk cerita film ataupun berbagai tulisan. Banyak orang yang mau berbagi pengalaman pribadinya yang menarik dengan menulis di media yang di milikinya, misalnya di blog pribadinya. Untuk itu Anda bisa memilih blog pribadi terbaik yang salah satu konten-nya mengenai pengalaman, baik pengalaman pemilik blog sendiri atau dari orang-orang terkenal. Dari situ Anda bisa menambah banyak pengalaman.

Dapat disimpulkan bahwa pengalaman diri sangat penting dalam membimbing kita menghadapi masa depan. Jadikan pengalaman sebagai panduan hidup meraih masa depan yang lebih baik. 




1 komentar:

LightBlog
Adbox