Adbox
ads

Ads

ads

Sponsor

LightBlog

Kamis, 25 Juli 2019

Ingin Kurus? Matikan Lampu Saat Tidur



Ingin kurus? Matikan lampu saat tidur. Sekilas hal ini terdengar aneh dan tidak berkaitan. Apa hubungannya cahaya lampu dengan berat badan?

Namun, ternyata berdasarkan penelitian, perempuan paruh baya dan lebih tua berpeluang lebih tinggi menjadi gemuk karena paparan cahaya lampu atau televisi saat tidur. Hal ini diungkapkan dalam penelitian di Amerika Serikat (AS) baru-baru ini yang dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine 2019.

Selama ini kita berpikir bahwa pertambahan berat badan hanya bisa terjadi karena pola makan dan kurang aktivitas fisik saja, padahal beberapa penelitian menunjukkan ada kaitan antara paparan cahaya lampu pada malam hari dengan kenaikan berat badan.

Untuk penelitian ini, para peneliti memantau 44.000 perempuan sehat berusia 35—74 tahun. Dari jumlah tersebut sekitar 17.000 orang tidur dengan lampu di malam hari. Sementara itu 13.000 orang tidak menyalakan lampu saat tidur dan 5.000 orang tidur dengan televisi dan lampu menyala di kamar tidur.

Pada awal penelitian, para peserta penelitian memiliki kelebihan berat badan tetapi belum mengalami obesitas berdasarkan indeks massa tubuh (IMT). Mereka juga bekerja secara teratur tanpa mengganggu siklus tidur.

Setelah hampir enam tahun masa pemantauan, perempuan yang tidur dengan televisi atau lampu menyala di dalam kamar ternyata 22% lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan dan 33% lebih mungkin mengalami obesitas daripada wanita yang tidur dalam gelap alias lampu dimatikan.

Walau penelitian ini tidak membuktikan bagaimana paparan cahaya buatan pada malam hari dapat secara langsung menyebabkan obesitas, dapat disimpulkan bahwa mematikan lampu saat tidur dapat mengurangi peluang mengalami kegemukan.

"Dalam penelitian kami, paparan cahaya buatan di malam hari saat tidur dikaitkan dengan penambahan berat badan pada perempuan, " kata Yong Moon Park dari National Institute of Environmental Health Sciences di National Institutes of Health, Research Park Triangle, Carolina Utara, AS.

Dengan demikian, mengurangi paparan cahaya buatan di malam hari saat tidur bisa menjadi bagian penting untuk mencegah penambahan berat badan.

Secara global, 1,9 miliar orang dewasa kelebihan berat badan atau obesitas. Sekitar 4 dari 10 orang dewasa mengalami kelebihan berat badan, dan 1 dari 10 orang mengalami obesitas, suatu kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, masalah ginjal, gangguan sendi, dan kanker. [bisnis.com]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LightBlog
Adbox