Adbox
ads

Ads

ads

Sponsor

LightBlog

Sabtu, 22 Desember 2018

Nafsu Makan Anda Terganggu karena Stres, Lakukan 3 Hal ini untuk Mengatasinya


Gaya hidup modern seperti saat ini tidak bisa dipungkiri salah satu dampak buruknya bisa membuat seseorang mengalami stres. Stres akan memicu berbagai macam gejala tubuh yang bisa saja mengganggu kesehatan.

Masalah nafsu makan menjadi salah satu yang terdampak karena stres. Gangguan nafsu makan ini disebut juga sebagai emotional eating yang jika tidak ditangani akan merusak kesehatan Anda.

Bagaimana tindakan yang perlu kita lakukan agar terhindar dari emotional eating itu? Berikut adalah pemaparan dari Tara de Thouars, selaku psikolog yang kerap menangani kasus emotional eating seperti dilansir okezonei.

1. Tenangkan diri

Untuk dapat mengambil keputusan makan yang tepat, maka pastikan libatan emosinya sedikit mungkin. Ini dapat dilakukan dengan cara melakukan teknik relaksasi terlebih dahulu sebelum membuat keputusan makan.

Cara yang paling simpel bisa melakukan latihan pernapasan yang paling tidak lakukan minimal sepuluh kali. Selanjutnya, cari aktifitas apa pun yang membuat rileks. Cari kegiatan relaksasi yg sesuai kebutuhan diri masing-masing. Lalu, lakukan tahap refleks makan, jangan ikuti refleksnya tahan dahulu 15-20 menit. Ketika sudah rileks, baru tentukan apakah benar-benar ingin makan atau tidak.

2. Tingkatkan Mood

Ketika stres, hormon dopamin dan serotonin turun, maka Anda perlu meningkatkan mood sebagai pengganti kedua hormon tersebut. Cari aktifitas yang bisa meningkatkan mood seperti olahraga sederhana, meditasi, bersyukur atau mengingat hal-hal positif, dan buat tujuan sederhana. Penelitian membuktikan bahwa ketika seseorang membuat tujuan dan bisa mencapainya, mood akan langsung naik.

3. Fokus pada Akar Masalahnya

Untuk mengatasi emotional eating Anda perlu fokus pada akar masalahnya, yaitu pada stres itu sendiri. Seringkali seseorang terlalu sibuk mencari sesuatu untuk mengatasi stresnya, hingga lupa penyebab stresnya. Maka caranya adalah jauhkan sumber-sumber dan hal-hal yg dapat memicu stres. Kalau tidak bisa, ubah situasinya dan buat menjadi lebih baik untuk diri sendiri. Jika masih tidak bisa diubah juga, maka coba untuk beradaptasi dengan situasinya. Cara terakhir kalau tidak bisa juga, maka cobalah untuk terima hal yang tidak bisa diubah dan lihat sisi baiknya.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LightBlog
Adbox